Limbah Kelapa Sawit PT Fortius Cemari Sungai Tantang, Sawah Ratusan Hektar Di Trans Suban Terancam MF Berhasil Di Ringkus Polsek Bathin ll Pelayang Pembangunan Kolam Ikan Ketahanan Pangan Tidak Melibatkan TPK Dukung Program Petani Super tangguh, Bupati MFA Serahkan Alat Mesin Pertanian Diduga Kades Teluk Melintang Mutasikan 3 Perangkat Desa Tanpa Ikuti Peraturan

Home / Seputar Jambi

Selasa, 27 Desember 2022 - 09:08 WIB

Sidang Perdana Praperadilan, Advokat Dian Burlian : Jangan Ada Pembodohan di Masyarakat

BATANGHARI – Sidang perdana permohonan praperadilan terkait penetapan tersangka dan penahanan tersangka di laksanakan di Pengadilan Negeri Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, pada Senin (26/12/2022).

Dimana hal ini terdapat beberapa termohon yaitu Polri, Polda Jambi, Polres Batanghari, Kasatreskrim Polres Batanghari, sebagai termohon satu (I) terkait Penetapan tersangka terhadap Sopin bin Ahmad.

Sedangkan Pemerintahan Republik Indonesia, Kejaksaan Agung, dan kejaksaan negeri muara bulian Sebagai Termohon dua (II).

Sementara, pada saat dilaksanakannya sidang permohonan praperadilan, sangat di sayangkan para termohon tidak ada yang datang untuk menghadiri sidang tersebut, Senin (26/12/2022) kemarin.

Meskipun sudah di panggil secara layak dan patut. Sehingga sidang permohonan praperadilan harus di tunda, hingga Kamis (29/12/2022) besok. Dengan agenda jawaban dari para pemohon dan penyerahan bukti dari pemohon.

Dalam hal ini kuasa Hukum dari pihak pemohon, Advokat Dian Burlian, SH., MA. Saat di Wawancara seusai sidang mengatakan dirinya telah melaksanakan sidang perdana permohonan praperadilan, dimana inti dari permohonan kita ini menuntut bahwa penetapan tersangka oleh termohon satu (I) dan penahanan tersangka oleh Termohon dua (II) oleh kejaksaan.

Menurut Advokat Dian Burlian, SH., MA. Dirinya menjelaskan bahwa Penetapan tersangka dan penahanan terhadap kliennya TIDAK SAH. Karena bertentangan dengan Pasal 81 KUHP tentang pra-yudisial.

“Sangat disayangkan di hari pertama sidang, namun para termohon tidak hadir. Tentu ini jadi permasalahan kita, mereka tidak hadir sengaja untuk mengulur-ulur waktu dengan harapan sidang ini di anggap gugur karena sudah melampaui waktu,” Ujarnya.

“Kita tetap semangat dan berupaya sidang ini sampai putus, besar kemungkinan permohonan kita dikabulkan dan sidang ini diputuskan, Sesuai permohonan, pemohon,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Seputar Jambi

Ikhsahuddin: Saya Maju Demi Pelayanan dan Perlindungan Kepada Masyarakat Peninjauan

Seputar Jambi

Ini Kronologi Kecelakaan Maut di Tembesi Tewaskan Dua Orang

Seputar Jambi

Tega! Mahasiswi Kedokteran UNJA Dicabuli Oknum Perawat

Seputar Jambi

Diduga Serobot Hutan Produksi, PT. APL Kangkangi UU Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan

Seputar Jambi

Jangan Coba-coba Minta Uang Pada Peserta PPPK, Bupati Kerinci Akan Pecat Jika Terbukti

Seputar Jambi

Meriahkan HUT Batanghari ke 74, Kecamatan Marosebo Ulu Gelar Lomba Masak Tradisional

Seputar Jambi

Marak Aktivitas Ilegal Drilling, Sumur Minyak di KM 51 Ditutup Satreskrim Polres Batanghari

Seputar Jambi

Seorang Warga Marosebo Ulu Ditemukan Tewas di Bak Mandi SPBU Muara Bulian