Warga Padang Kelapo Dihebohkan Dengan Adanya Penemuan Mayat Perempuan Pemerintah Kabupaten Batang Hari Menggelar Takziah Dzikir Dan Do’a Bersama Ajak Masyarakat Ikut Berperan Aktif dalam Penanganan Rehabilitasi Lingkungan Jalan Tol Sesuai Standar, Satker PJBH Siapkan Kotak Masukan Saran dan Kritik PPTB Sudah Kerjakan Perbaikan Fender Jembatan Muaro Tembesi, Targetkan Agustus Rampung Ditresnarkoba Polda Jambi Berhasil Amankan 4Kg Sabu dan 19.895 ribu Pil Ekstasi senilai 10 Miliar Lebih, Sebagai Hadiah HUT Bhayangkara ke 78

Home / Batanghari / Daerah

Senin, 10 Juni 2024 - 19:47 WIB

Dukung Program Petani Super tangguh, Bupati MFA Serahkan Alat Mesin Pertanian

BATANGHARI –  Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief menghadiri Acara Penyerahan Alat Mesin Pertanian dan Hadiah Lomba Serta Penghargaan Kelembagaan Petani.

Kegiatan bertempat di halaman kantor Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari, pada Senin (10/06/24).

Melalui Kementrian Republik Indonesia, direktorat jenderal sarana dan prasarana telah mengalokasikan anggaran dana yang bersumber dari APBN tahun 2024 berupa bantuan kepada para petani yang ada di kabupaten batang hari.

Bantuan tersebut berupa Pompa Air Honda WB30XN NF sebanyak 10 Unit, Pompa Air Ishoku PA80-3S GP Premium+ Shark SP200 sebanyak 15 Unit, Pompa Air MBI-P100 sebanyak 10 Unit, Pompa Air Guntur GTO-6L sebanyak 2 Unit, Pompa Air Beje Bj 100 sebanyak 15 Unit, Traktor Roda 2 Quick Amberjack sebanyak 35 Unit, Traktor Roda 2 Quick G3000 Zeva Sebanyak 20 Unit. Dengan jumlah total seluruhnya sebanyak 107 Unit.

Selain itu dinas pangan, pertanian dan perikanan kabupaten batang hari juga telah menyalurkan bantuan alsintan yang bersumber dari dokumen pelaksanaan anggaran perubahan ( DPA-P) Tahun 2023 berupa, Cultivator 7 Unit, Pompa Air 7 Unit, Power Thresher 5 Unit, Traktor Roda dua 11 Unit.

Sedangkan, Bantuan alsintan yang bersumber dari DAK Tahun 2023 berupa, Pompa Air 38 Unit, Cultivator 35 Unit.

Pemenang dan Penghargaan Pada BPP, PPL PNS/PPK, THL-TBPP, PPL SWADAYA, PPL PTT, Petani dan Kelompok Tani (Poktan) Berprestasi Tingkat Kabupaten Batanghari Tahun 2024.

Sementara, BPP Terbaik Se-kabupaten Batanghari ini, BPP Batin XXIV, BPP Muara Tembesi dan BPP Pemayung.

PPL PNS/PPPK Berprestasi, yakni ZULHERNITA dari Desa Lopak Aur Kecamatan Pemayung, MUHAMMAD dari Kordinator BPP Kecamatan Muara Tembesi, RATNAWATI, S. Pt, dari Desa Pejaten Kecamatan Pemayung.

PPL THL-TBPP Berprestasi, yakni TRI BUDONI dari Desa Mekar Jaya Kecamatan Bajubang, EKO SUDIHARTO dari Desa Senaning Kecamatan Pemayung, SAHRURIJAL DAULAY dari Desa Mekar Sari Kecamatan Marosebo Ulu.

BERITA TERKAIT  Mulai Besok Tidak Ada Angkutan Batubara Yang Keluar Dari Mulut Tambang

PPL SWADAYA Berprestasi, yakni AHMAD MALAWI dari Desa Kembang Seri Kecamatan Marosebo Ulu, SUSI HANDAYANI dari Desa Teluk Ketapang Kecamatan Pemayung, ALWI dari Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir.

PPL PTT BERPRESTASI, yakni RISTI GUSTRIANI, SP dari Desa Sungai Pulai Kecamatan Muara Tembesi, AFRIDANNUR, S. Pi dari Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Marosebo Ulu, MARIO ARDI dari Desa Kilangan Kecamatan Muara Bulian.

PETANI BERPERESTASI, yakni MAGHFUR NASUHA dari Desa Pompa Air Kecamatan Bajubang, SAPARIYANTO dari Desa Kuap Kecamatan Pemayung, TOPIK, dari Desa Aue Gading Kecamatan Batin XXIV.

POKTAN BERPRESTASI, yakni KWT MAWAR dari Desa Tapah Sari Kecamatan Mersam, MEKAR JAYA dari Desa Aur Gading Kecamatan Batin XXIV, KWT MAJU BERSAMA dari Desa Tidar Kuranji Kecamatan Marosebo Ilir.

Bupati Batang Hari mengucapkan Terimakasih dan apresiasi tang setinggi-tingginya, kepada seluruh pemangku kepentingan, terlebih kepada jajaran penyuluh dan petani Se-Kabupaten Batang Hari atas kerja keras dan komitmennya dalam membangun sektor pertanian.

“Prestasi yang ditorehkan dalam 3 tahun terakhir telah memberikan manfaat nyata dalam mendukung program pemerintah daerah terutama dalam upaya kita memperkuat ketahanan pangan,” Ujar Bupati MFA.

Pemerintah Kabupaten Batang Hari selalu berupaya meningkatkan sektor pertanian pada indeks pertanian (IP) lahan rawa menjadi lebih produktif dengan program optimasi lahan dan pompanisasi yang merupakan kerja sama antara dinas pangan, pertanian dan perikanan Kabupaten Batang Hari dengan TNI.

“Dengan program tersebut pemerintah daerah mendapat bantuan Alsintan dari kementrian pertanian untuk kegiatan pengolahan lahan,” Sebut Fadhil.

“Pemberian 55 Unit Traktor Roda 2 dan 52 Unit Pompa Air serta penghargaan bagi para penyuluh dan petani hari ini, saya harapkan dapat menjadi bagian penting dari upaya untuk membangun sektor pertanian yang super Tangguh di Kabupaten Batang Hari, kira berharap penyuluh dan petani terbaik dapat terus meningkatkan prestasinya dan menjadi contoh bagi penyuluh dan petani yang lain,” Tutupnya.

BERITA TERKAIT  Bupati Batang Hari hadiri Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke 53 tingkat Kecamatan Mersam

Dihadiri, asisten II Setda, Pabung Batang Hari, Kadis Tanaman pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Batang Hari.

Share :

Baca Juga

Daerah

Plat Seri BH Diusir Tidak Boleh Narik Batubara di Pranap Riau

Batanghari

Pimpinan dan Anggota DPRD Batanghari Mengucapkan “Marhaban Ya Ramadhan”

Batanghari

Jalan Nasional di Batanghari Rusak Parah, MFA : Bukan Wewenang Pemkab

Daerah

Buka MTQ Ke – XV Tebo Ilir, Asisten III Tebo Disambut Tarian Sekapur Sirih

Daerah

Kodim 0415/Jambi Lakukan Pelayanan dan Pemeliharaan Puluhan Kendaraan Dinas

Batanghari

Penutupan MTQ Ke-56, Kades Peninjauan Berikan Hadiah Elektronik Kepada Pemenang

Batanghari

Wabup Bakhtiar Buka Rakor Kades Sekabupaten Batang Hari

Daerah

Pelatihan BUMDes Anugrah Jaya, Tingkatkan SDM Desa Padang Kelapo