Warga Padang Kelapo Dihebohkan Dengan Adanya Penemuan Mayat Perempuan Pemerintah Kabupaten Batang Hari Menggelar Takziah Dzikir Dan Do’a Bersama Ajak Masyarakat Ikut Berperan Aktif dalam Penanganan Rehabilitasi Lingkungan Jalan Tol Sesuai Standar, Satker PJBH Siapkan Kotak Masukan Saran dan Kritik PPTB Sudah Kerjakan Perbaikan Fender Jembatan Muaro Tembesi, Targetkan Agustus Rampung Ditresnarkoba Polda Jambi Berhasil Amankan 4Kg Sabu dan 19.895 ribu Pil Ekstasi senilai 10 Miliar Lebih, Sebagai Hadiah HUT Bhayangkara ke 78

Home / Daerah

Kamis, 5 Januari 2023 - 14:13 WIB

Camat Pemayung Sambut Kedatangan Tim Milir Berakit Dari Sarolangun Tujuan Kota Jambi

Kabarseputarjambi.id, BATANGHARI -Beberapa Hari yang lalu tepat nya sebelum Tahun Baru Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos., MH melakukan ekspedisi yang diberi nama Milir Berakit 1 dari sungai Batang Tembesi Sarolangun menuju sungai Batanghari di Kota Jambi.

Kegiatan dipusatkan bertempat di depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun, pada Jum’at (30/12/2022) lalu.

Dan pada hari ini Kamis (05/01/2023) Camat Pemayung Moh. Syifuddin, SE menyambut kedatangan tim 18 Ilir Berakit dari Sarolangun dan ikut serta dengan menaiki rakit tepat nya di Desa Lubuk Ruso kecamatan Pemayung sampai ke Desa Selat

Dalam menyambut tim 18 Tim Ilir Berakit dari Kabupaten Sarolangun tersebut Camat Pemayung Moh. Syaifuddin, SE dan Kasi Trantib Indra Gunawan SE, Kasi pem Cecep Priadi SE , menyiapkan sajian makanan khas Dusun untuk Tim ilir Berakit untuk melakukan makan bersama.

Pada kesempatan itu pula Camat Pemayung Moh. Syifuddin, SE ikut mencoba Tim ilir Berakit dari Lubuk Ruso ke Desa Selat dan dari Selat Tim Ilir Berakit Melanjutkan perjalanannya ke Kota Jambi.

Dalam keterangannya Camat Pemayung mengatakan tujuan ekspedisi Milir Berakit ini adalah untuk membangkitkan sungai Batanghari yang sekarang kondisi airnya keruh akibat akitivitas PETI.

“Kepada semua pihak untuk bersama-sama mendoakan agar kegiatan ekspedisi Milir berakit 1 ini berjalan dengan lancar dan baik, serta dapat mencapai tujuan yang hendak dicapai,” Ujarnya.

Dan ia juga menceritakan bahwa dahulu kerajaan Singosari melaksanakan ekspedisi dengan nama Pamalayu melalui sungai Batanghari menuju sumatera barat.

“Kalau tidak melewati Batanghari mungkin tidak ada Majapahit dan Nusantara, setelah mengarungi sungai Batanghari terjadi pernikahan, sehingga memang sungai Batanghari ini sangat penting untuk sejarah kita,” Katanya.

“Dulu sungai Batanghari ini adalah urat nadi ekonomi dan menjadi sumber daya yang melahirkan sosial, budaya dan ekonomi, maka mari kita hidupkan lagi sungai Batanghari,” Tutup camat.  (Arian Arifin)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Pasca Dirut PT JBS di Polisikan di Polres Batanghari, Pelapor Terima SP2HP

Daerah

Istri Nekat Gantung Diri, Ini Isi Chat WA Terakhir Untuk Suami

Batanghari

Rawan Politik Uang di Batanghari,Lukber Kacabjari Akan Langsung Terjun

Batanghari

Pemdes Padang Kelapo Menggelar Musdes RPJMDes

Batanghari

BPJN Jambi Kebut Pengerjaan Jalan Nasional, Diharapkan Pemudik Nyaman dan Aman saat Mudik

Batanghari

Begini Kronologi Pengeroyokan Terhadap Wartawan Di Kec.Maro Sebo Ulu

Batanghari

Pembangunan Jalan Usaha Tani Diborongkan Oleh Oknum Pemdes Kembang Seri

Daerah

Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik