Oknum Yang Mengaku TNI Kawal BBM Ilegal Diamankan,Ternyata Gadungan Tim Gabungan Operasi Antik Polda Jambi Bongkar Satu Rumah Diduga Tempat Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka Kacabjari Lukber Liantama Berikan Penyuluhan Hukum Ke kecamatan Batin XXIV

Home / Seputar Jambi

Kamis, 8 Desember 2022 - 08:19 WIB

Cekal BBM Ilegal Milik PT Jambi Tulo Pratama, Aliansi Ormas Apresiasi Kinerja Polda Jambi

KabarSeputarJambi.id, KOTA JAMBI – Dukungan dan Apresiasi terus mengalir dari Aliansi Ormas dan LSM Jambi. Hal ini dikarenakan atas keberanian Kepolisian Daerah Jambi mengamankan satu unit truk tangki kapasitas 20 ribu liter yang memuat BBM ilegal yang diduga solar olahan.

Sebelumnya, Personil Subdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi mengamankan satu unit truk tangki warna hijau kombinasi kapasitas 20.000 liter bertuliskan PT. JTP yang memuat BBM yang diduga Solar olahan yang akan melakukan bunker, pada Senin (28/11/2022) lalu.

Penangkapan tersebut dipimpin langsung Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi Kompol Arief Ardiansyah Prastiyo dan tim di Jalan Lintas Talang Duku, Taman Rajo, Muaro Jambi.

Kabid Humas Polda Kombes Pol. Mulia Prianto mengatakan peristiwa ini berawal dari pihak kepolisian yang mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya kegiatan bunker BBM dengan menggunakan truk tangki di wilayah pelabuhan Talang Duku, Muaro Jambi.

“Berdasarkan informasi tersebut, Dirreskimsus Polda Jambi, Kombes Pol. Christian Tory memerintahkan personel Subdit IV Ditreskrimsus langsung menuju lokasi dan berhasil amankan satu unit truk yang diduga akan bongkar muatan berupa solar olahan ke Kapal Tug boat,” katanya, Rabu (7/12).

Dari situ, kata dia Setelah kapal bersandar tim menemui dan menanyakan dokumen pengisian BBM yang dilakukan kepada kapten kapal dan kepala kamar mesin kapal namun mereka tidak dapat menunjukkannya.

“Selanjutnya tim mengamankan lima orang yakni KU selaku sopir truk, AW kernet tangki, SU kapten kapal, AS kepala kamar mesin kapal dan OK penghubung antara penyewa kapal dan pemilik BBM serta satu unit truk tangki warna hijau kombinasi Nomor Polisi B 9240 UFU yang memuat BBM jenis solar,” Katanya.

Diduga solar olahan sebanyak lebih kurang 20 ribu liter, satu unit kapal tug boat bernama LP 02, delivery order dari perusahaan pemilik tanki ke kapal dan bukti percakapan antara OK dengan SU.

“Saat ini sopir truk, kernet, kapten kapal dan KKM kapal beserta satu unit truk tangki dibawa ke Mapolda Jambi guna pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Humas Polda.

Belakangan diketahui bahwa selaku pemilik BBM diduga solar olahan tersebut adalah PT. Jambi Tulo Pratama yang beralamat di Kelurahan Paal Merah Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi.

Aktivis Pergerakan Peduli Jambi Saudara Ardi mengatakan pemiliknya itu sudah jelas PT. Jambi Tulo Pratama Andri Tan alias Titi selaku direktur utamanya.

“Besok (red-Kamis) kita (Aliansi Ormas dan LSM Jambi) mengadakan aksi damai sebagai bentuk support dan dukungan penuh kepada Bapak Kapolda atas langkah-langkah hukum yang telah dilakukan, bila perlu segera tangkap dan ambil tindakan tegas agar mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat Jambi terhadap kepolisian,” Ujarnya.

“Apalagi lagi baru-baru ini kita ketahui bersama bahwa owner perusahaan PT. Jambi Tulo Pratama terlibat kasus penggelapan pajak nilainya lumayan besar 3.5 milyar, saya harap tidak ada yang kebal hukum di negri ini,” tambah Ardi kesal sembari menutup uraiannya.

Share :

Baca Juga

Seputar Jambi

Pilkades Serentak 39 Desa di Tebo, Ini Daftar Pemenang

Seputar Jambi

SatBrimob Polda Jambi Berbagi Sembako ke Panti Asuhan

Seputar Jambi

Sebanyak 84 Kontingen PGRI Kecamatan Marosebo Ulu Dilepas Oleh Camat

Seputar Jambi

PB Asnawi Kembang Seri Raih Juara 3 pada Turnamen Badminton Karang Taruna Batanghari

Seputar Jambi

Destinasi Wisata Tapah Melenggang di Batanghari Ambruk

Seputar Jambi

Terduga Pelaku Pembunuhan Warga SAD di Padang Kelapo Berhasil Diamankan Polisi

Seputar Jambi

Ngopi Bareng, Kapolres Batanghari Gandeng Insan Pers Untuk Saling Bersinergi

Seputar Jambi

Mulai Besok Tidak Ada Angkutan Batubara Yang Keluar Dari Mulut Tambang