Dua Sepeda Motor Terlibat Laka Lantas, 1 Orang Meninggal Dunia Warga Mersam Minta Keadilan Terkait Pencemaran Nama Baik Sambut Pilkada Serentak 2024,JOIN DPD Batang Hari Ajak Masyarakat Tolak Berita HOAKS. Miris.!!!,Pembangunan Ruang Labor Komputer SDN 195/1 Tebing Jaya ll Diduga Dikerjakan Asal Jadi Rapat Pleno pengurus (RPP) SWI Propinsi Jambi Hari Ini Digelar DiHotel Aston Jambi

Home / Batanghari / Daerah / Hukum & Kriminal / Seputar Jambi

Senin, 9 September 2024 - 05:47 WIB

Waduh! Akibat Aktivitas Galian C Di Batang Hari Rumah Warga Hampir Amblas

BATANGHARI – Warga resah atas longsornya tanah didekat pemukimannya yang disebabkan oleh aktivitas pertambangan Galian C, karena dihawatirkan akan berdampak longsor ke bangunan rumahnya yang berada dipinggir sungai batang hari.

Diketahui warga galian C yang berlokasi di Desa Sengkati Baru RT 03 Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi merupakan pertambangan milik warga setempat Inisial BK yang bergerak dibidang usaha pertambangan Pasir dan Batu Kerikil juga terdapat ada beberapa karpet yang dipasang guna untuk menampung Emas, Senin (09/09/2024).

Menurut keterangan warga yang enggan namanya dituliskan dimedia ini mengatakan, Akibat Aktivitas Galian c menyebabkan tanah longsor pinggiran sungai Batang Hari yang tak jauh dari pemukiman warga dan sudah membuat keresahan masyarakat bukan saja mengecam pemukiman warga melainkan juga akan mengecam terhadap jalan nasional lintas Jambi-bungo dikarenakan posisi jalan yang sangat dekat dengan bibir Sungai Batang Hari, Kejadian longsor bukan untuk yang pertama kalinya melainkan untuk yang kedua kalinya terjadi.

“Kami sudah pernah melakukan mediasi secara kekeluargaan bang kepada pemilik tambang, namun mereka tetap bersih keras untuk melakukan pertambangan tersebut, dengan dalih pertambangan kami punya izin kami bebas untuk beraktivitas diwilayah sungai batang hari ini, kalau mau melapor laporkan saja saya tidak takut “ujar warga.

Sambungnya, “kejadian tersebut sudah pernah kami laporkan kepihak pemerintah desa secara lisan, namun hingga kini belum ada solusi terbaiknya.”ucap warga.

Tambahnya, “Saya berharap kepada pihak pemerintah terkait baik APH maupun pihak DLH kabupaten dan DLH provinsi untuk dapat mencari solusi terbaiknya karena itulah rumah dan harta benda satu-satunya yang kami miliki dihawatirkan ketika kami sedang tertidur pulas rumah kami akan amblas.”sebut warga dengan nada hawatir.

BERITA TERKAIT  Warga Sungai puar Keluhkan Daya Listrik PLN Rendah

Terpisah media ini juga mengkonfirmasi Kepala Desa Setempat melalui via WhatsApp ia mengatakan.

“Laporan secara lisan ada tetapi tidak tersurat, Mako saya perintahkan kadus dan RT wilayah untuk madiasi dirumah saudara bakar.

Kalolah tersurat melaporkan ke pemerintah desa tentu saya secepatnya mempertemukan dalam madiasi dikantor desa.”kata Kades.

(Red)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Gebyar Ramadhan, Festival Lomba Anak Soleh Tingkat SD Se-kabupaten Batanghari

Daerah

Fadhil Pemimpin Daerah Terbaik, Penghargaan Tokoh Indonesia Tingkat Nasional Kembali di terimanya

Batanghari

Pemkab Batang Hari lakukan Sosialisasi Terhadap Maraknya Kegiatan PETI

Batanghari

Bupati MFA Hadiri Acara Tradisi Do’a Bersama Dan Sedekah Bubur Di Desa Pasar Terusan

Batanghari

Anggota DPRD Batang Hari Hadiri Musrenbang Kecamatan Mersam

Daerah

Gotong Royong Persiapan Kegiatan Apel Gelar Penanggulangan Bencana Karhutla di Sungai Gelam

Batanghari

RDP DPRD dan TAPD Batang Hari Dewan Pertanyakan Selisih Gaji Pegawai yang Belum Dibayar

Seputar Jambi

Lakalantas di Mersam, Pengendara Motor Meninggal Dunia