Oknum Yang Mengaku TNI Kawal BBM Ilegal Diamankan,Ternyata Gadungan Tim Gabungan Operasi Antik Polda Jambi Bongkar Satu Rumah Diduga Tempat Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka Kacabjari Lukber Liantama Berikan Penyuluhan Hukum Ke kecamatan Batin XXIV

Home / Infrastruktur

Minggu, 11 Desember 2022 - 13:23 WIB

Tanpa Konsultan Pengawas, Proyek Jalan Desa Peninjauan Dana 5,6 M Terus Berjalan

KabarSeputarJambi.id, BATANGHARI – Sungguh miris proyek pembangunan jalan di Desa Peninjauan, Kecamatan Marosebo Ulu, Kabupaten Batanghari yang menguras Anggaran APBD Batanghari Hingga 5,6 Milyar nyatanya minim pengawasan.

Proyek tersebut dikerjakan oleh PT. Andina Teknik Konstruksi (ATK) itu menggunakan dana APBD dengan nilai Rp 5.681.613.200 yang dibangun jalan aspal sepanjang 1.320 m.

Pantauan media Kabarseputarjambi.id di lokasi Pekerjaan Sabtu (10/12/2022) tak terlihat satu orang pun tim Pengawas Lapangan dari CV Indo Prima Konsultan yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari, untuk memantau langsung Pembangunan Jalan desa peninjauan tersebut.

Anehnya lagi disaat awak media ini mengkonfirmasi kepada Pengawas lapangan proyek jalan tersebut, Sukandi mengatakan, bahwa pekerjaan pengaspalan dilaksanakan pada saat malam hari, kalau hari malam memang tidak ada konsultan pengawasnya.

“Kami bekerja malam hari pak, karena terkendala oleh material, kalau konsultannya di malam hari memang tidak pernah kelapangan,” Ujar Sukandi.

Padahal Penunjukan Pengawasan Kepada CV Indo Prima bukan lah terbilang Gratis, melainkan dibayar untuk menjalankan Fungsi sebagai Pengawasan agar bangunan itu berjalan baik dan tidak ada Korupsi. Sebab Pengawas Konstruksi adalah penyedia jasa perseorangan atau badan usaha yang memiliki keahlian profesional di bidang pengawasan jasa konstruksi dari awal pelaksanaan pekerjaan konstruksi sampai selesai dan harus disesuaikan dengan bestek.

Pekerjaan Pengawasan Konstruksi Lapangan biasa disebut “Pengawasan Preventive” yaitu meminimalkan kesalahan yang ada di lapangan sehingga dapat mengakibatkan pembongkaran dan pengulangan pekerjaan yang tidak perlu karena kesalahan gambar ataupun mutu pekerjaan yang tidak memenuhi ketentuan.

Sementara, Darmawan warga Desa Peninjauan, yang juga sebagai anggota LSM GERAK Indonesia Provinsi Jambi melalui media ini berharap, Kepada Dinas terkait, agar bisa turun lapangan guna check langsung pekerjaan ini.

Sehingga, kata Darmawan jalan yang diperuntukan kepada masyarakat Peninjauan dan sekitarnya benar-benar bermanfaat dan tahan lama.

“Jika pekerjaan ini tidak dikerjakan secara benar dan maksimal, nantinya ditakutkan hanya terkesan menghambur hamburkan anggaran APBD tapi tidak dinikmati masyarakat seutuhnya akibat memperkerjakan kontraktor nakal,” Ujarnya.

Ia juga menuturkan, Kepada Bupati Batanghari Mhd Fadhil Arief melalui Dinas terkait, agar bisa memberikan sangsi kepada CV yang ditunjuk sebagai pengawasan pekerjaan ini, dan juga kepada PT pemenang tender pekerjaan yang terkesan nakal.

“Berikan sanksi kepada kontraktor dan konsultan yang nakal, jika perlu di black list jika ditemukan kelalaianya,” Ungkap Darmawan.

Share :

Baca Juga

Infrastruktur

End The Summer with Serenity at Calabash Cove Resort And Spa

Energi

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Infrastruktur

Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

Infrastruktur

Diduga Proyek Jalan Desa Peninjauan Dana 5,6 M Dikerjakan Asal-asalan

Infrastruktur

Baru Seumur Jagung, Bangunan Kantor Lurah Sungai Bengkal Sudah Banyak Yang Retak